News Update :
Home » » Mahasiswa Bakar Diri di Depan Istana

Mahasiswa Bakar Diri di Depan Istana

Minggu, 11 Desember 2011 06.40

PDIP: Jika Mahasiswa Bakar Diri di Depan Istana, Jelas Motivasinya 

  

Jakarta - Universitas Bung Karno (UBK) masih belum bisa memastikan bahwa pria yang melakukan aksi bakar diri di depan Istana Merdeka Sondang Hutagalung. Namun jika aksi bakar diri benar dilakukan mahasiswa, PDIP yakin, motifasinya hanya satu.

"Kalau benar yang membakar diri adalah mahasiswa UBK dan dikenal aktifis, jelas motivasinya adanya keberpihakan kepada masyarakat yang selama ini tidak tersentuh keadilan dari sebuah kebijakan politik pembangunan pemerintah makanya yang bersangkutan membakar dirinya sebagai bentuk protes di depan simbol kekuasaan/pemerintahan di depan Istana,"ujar Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo, kepada detikcom, Sabtu (10/12/2011).

Menurut Tjahjo, kalau alasannya kecewa kepada pacar tidak masuk akal. "Kalau kecewa kepada pacar misalnya pasti membakar diri di depan rumah sang pacar dan kalau tidak puas kepada institusi khusus karena kebijakan bisa saja di depan lembaga tersebut atau perguruan tinggi tersebut dimana dia belajar,"terangnya.

Menurutnya mahasiswa hanya melakukan aksi nekad kalau sudah frustasi. Utamanya jika aksinya tak pernah direspon penguasa.

"Kedua ini bentuk sebuah protes dengan mengorbankan diri karena sudah pada puncak frustasi karena protesnya tidak mendapatkan tanggapan serius dalam praktek kebijakan publik yang pro rakyat. Ini sudah pada bentuk protes serius mewakili berbagai pihak dalam masyarakat yang sudah frustasi dalam kehidupan yang sudah sedemikian sulitnya,"tutur Tjahjo.

Namun hingga kini belum ada kepastian siapa yang membakar dirinya di depan Istana. "Kita juga perlu sedikit bersabar dari test DNA untuk mendukung pendapat tentang siapa sebenarnya dan itu akan bisa menguak motivasi membakar diri tersebut saya ikut sedih dan prihatin akan kondisi tersebut. Kalau benar yang bersangkutan sebagaimana nama yang berkembang, saya dan kita semua patut menyampaikan apresiasi pengorbanannya yang sangat tinggi akan kepekaan terhadap kondisi sekelilingnya,"tandasnya.

Sebelumnya diberitakan pria yang sempat membakar dirinya di depan Istana, diyakini adalah Sondang Hutagalung, mahasiswa Universitas Bung Karno Jakarta. Selama ini, Sondang sering terlibat berbagai aksi damai. Ini dia profil singkat pria yang juga Ketua Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenisme untuk Rakyat Indonesia (Hammurabi).

Dari (berbagai sumber)
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Suka-Suka 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.