News Update :
Home » » Cara membuat pempek kapal selam

Cara membuat pempek kapal selam

Kamis, 24 November 2011 23.26

Cara Membuat Pempek Kapal Selam




Membuat pempek kapal selam memang butuh sedikit kesabaran dan pengalaman, tapi.... bisa juga bikin kapal selam mini, dengan cara yang sama seperti di bawah ini tapi ukuran nya dibikin lebih kecil , jadi lebih mudah pembuatanya (seperti pastel) serta mudah juga dipegang oleh anak-anak. 1 buah telor ayam dikocok lepas, dan bisa untuk 3 pempek kapal selam mini.
Jika ada waktu, dan udah mahir bikin pempek, lebih baik bikin dalam jumlah banyak sekalian, lalu disimpan di freezer. Aplagi kalau ikan nya harus giling sendiri. Kalau tinggal di Palembang memang lebih gampang karena hampir semua pasar tersedia ikan yang sudah digiling. Waktu mau disajikan, pempek yang beku dikukus terlebih dahulu, baru kemudian digoreng.
Cara bikin nya begini:
Image hosted by Photobucket.com
Siap kan telor, dan masukan ke gelas kecil. Untuk kapal selam mini dikocok lepas saja.
Penjelasan:
  1. Kalis-kan adonan pempek secukup nya tergengam oleh tangan. Tapi jangan terlalu di ulen, karena bisa bikin pempek jadi keras dan alot.
  2. Buat lubang dengan jari yang selalu dibedak-in dengan tepung sagu, supaya tidak lengket di tangan.
  3. Tuangkan telor dari gelas. (tuangkan 1/3 bagian telor untuk kapal selam mini)
  4. Kulit terisi kira-kira 2/3 bagian kulit adonan, tujuan untuk mempermudah penutupan dan telor tidak keluar waktu di rebus.
  5. Setelah di tutup rapat, lalu masukan ke air yang sudah mendidih. Jika pempek sudah mengapung dan mengembang, siap diangkat lalu tiriskan.
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Suka-Suka 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.