News Update :
Home » » Berpetualang dengan Mobil Sahabat Petualang "Daihatsu Terios"

Berpetualang dengan Mobil Sahabat Petualang "Daihatsu Terios"

Rabu, 14 November 2012 01.08

Berpetualang dengan Mobil Sahabat Petualang

"Daihatsu Terios"




The New TERIOS membuktikan ketangguhannya dengan petualang di Pulau Sumatera. yang akan merangkum keindahan panorama di pulau sumatera dan menggambarkan adrenalin yang tercipta selama perjalanan petualangan. Dengan rentang perjalanan sejauh tidak kurang dari 3.300km. Tim petualang yang terdiri dari 10 orang ini akan melibas keindahan alam pulau Sumatera dengan tiga unit Daihatsu Terios TX-AT (2 unit) dan Terios MT (1 unit). 

Misi utama dari perjalanan ini, semata ingin mengguggah mata dunia akan kekayaan alam Indonesia khususnya pulau Sumatera. Sepanjang rentang perjalanan mulai dari lampung hingga Sabang, terdapat tujuh spot produsen kopi yang akan menjadi bagian dari eksplorasi kekayaan alam dan budaya Indonesia selama perjalanan.
Perjalanan Daihatsu Terios 7-Wonders  yang akan memakan waktu hingga 14 hari ini, fokus pada eksplorasi keindahan alam Sumatra hingga titik nol kilometer di Sabang. Dalam perjalanan, Daihatsu beserta tim yang melakukan ekspedisi di tujuh lokasi produsen kopi Luwak yang sudah ternama hingga mancanegara. Selain merangkum semua keindahan alam yang tersaji sepanjang rute perjalanan, mereka juga melakukan aktivitas CSR dengan meberikan bantuan kepada Posyandu binaan serta memberikan bantuan kepada UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) diwilayah Bengkulu dan Medan. 
Perjalanan ini merupakan bentuk uji performa Daihatsu Terios dengan beragam medan jalan yang memang sesuai dengan peruntukan Daihatsu Terios sebagai SUV sejati, hal ini sejalan dengan kampanye kami, Daihatsu Terios, Sahabat Petualang,”"ujar Amelia Tjandra Marketing Director PT ADM.

 PETUALANGAN PEMBUKA TERIOS 7-WONDERS

Sahabat Daihatsu..


Jurnal perjalanan petualangan Terios 7- Wonders sesungguhnya dimulai hari ini (10/10). Setelah dilepas di VLC serta melakukan persiapan, tepat pada pukul 23.00 WIB tim bergegas menuju penyeberangan Merak-Bakauheni. Selama di ferry, tim memanfaatkan waktu untuk beristirahat. Kondisi laut yang bersahabat membuat durasi penyeberangan ditempuh dalam waktu 3 jam.

Kala fajar menyingsing Tim sampai di ujung pulau Sumatera. Kondisi jalan yang mulus merupakan sarana yang ideal untuk berakselerasi. Alhasil kecepatan maksimal 120 km/jam dapat diraih oleh Daihatsu Terios yang kami tunggangi. Sesampainya menjelang kota Lampung, lalu-lintas lumayan padat sehingga tim harus menurunkan kecepatan rata-rata hingga 40 km/jam.

Sesampainya di kota Lampung, sarapan merupakan hal yang mutlak dilakukan, mengingat rentang perjalanan tidak kurang dari 3000 km, baru dilakoni tim Terios 7-Wonders, 300 km. Dari kota Lampung tim bergerak menuju Liwa, Lampung Barat. Perjalanan menuju Liwa yang merupakan wilayah pegunungan ditempuh melalui kawasan Bukit Kemuning, dengan ragam jalan yang didominasi oleh tikungan pendek disertai oleh tanjakan terjal. Kondisi jalan inilah yang menuntut tim untuk pandai-pandai melakukan perpindahan transmisi. Beberapa kali shifter matik Terios AT berpindah dari D-3 ke 2. Sementara untuk yang manual dari 4 ke 3.

Sesampainya di kota Liwa tepat pukul 17.00 WIB yang berudara sejuk, tim masih harus menuju target pemberhentian selanjutnya ke Danau Ranau yang masih tersisa jarak sekitar 25 km dari kota Liwa. Sesampainya di tepian Danau Ranau yang sudah gelap gulita, kami disambut oleh hawa dingin yang menusuk. Setelah beristirahat melepas lelah, Kopi Luwak khas Liwa menjadi santapan pertama kami di pagi buta ditemani oleh semilir angin yang enggan pergi.

Inilah kenikmatan kekayaan kopi Indonesia yang pertama kali dikecap oleh tim. Secangkir kopi panas berikut kudapan pagi, merupakan penyemangat kami tim Terios 7-Wonders untuk melanjutkan petualangan selanjutnya, mengeksplorasi penangkaran Luwak serta menghirup aroma kopi dari perkebunan kopi yang terletak tidak jauh dari Danau Ranau.

Merangkul Keindahan Dalam Secangkir Kopi

Menikmati suasana Danau Ranau di pagi hari sungguh menyegarkan, apalagi dengan di temani secangkir kopi panas yang beraroma khas ditemani sejuknya udara sekitar. Setelah melepas lelah dengan tidur panjang semalam, kami telah memulihkan tenaga untuk kembali beraktifitas.
Pasti sahabat petualang setuju perjalanan sejauh 509,4 km bukanlah jarak yang pendek. Sinar matahari pagi nyaris tak terlihat karena tertutup kabut, nun jauh di seberang wisma kami bermalam terlihat siluet Gunung Seminung.


 Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di pulau Sumatera. Danau yang terbentuk akibat gempa bumi yang dahsyat akibat letusan gunung vulkanik. Sebuah sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung vulkanik berubah menjadi jurang. Berbagai jenis tanaman termasuk semak belukar yang secara lokal dikenal sebagai Ranau, tumbuh di tepi danau dan sisa-sisa letusan berubah menjadi Gunung Seminung.  Gunung yang terlihat hanya siluetnya dari lokasi kami menginap.

Usai menikmati sarapan pagi di hotel kami bergegas menuju produsen kopi Luwak – Kopi yang cukup terkenal di seluruh dunia. Tak cuma karena rasanya yang nikmat tapi harganya pun lumayan mahal. Benar saja, sungguh nikmat, mengecap kopi ternama, langsung dari kebunya. Harga per kilo berkisar antara Rp 400 ribuan sampai jutaan. Sejujurnya kami penasaran mengapa bisa semahal itu? Kami akhirnya mendapatkan jawaban ketika mengunjungi tempat penghasil kopi Luwak yang lokasinya tak jauh dari danau Ranau.

Ditemani Hidayat atau kerap disapa Sangkut – pemilik kebun kopi seluas 5.000 hektar lebih, kami dijelaskan bagaimana ia mampu memproduksi kopi luwak. Ketika tim menyambangi rumahnya di tepi jalan utama Liwa – Ranau tenyata di belakangnya ia memiliki satu ruangan khusus yang berisi banyak kandang kecil. Kadang inilah tempat dimana Musang Luwak dipelihara. Namun saat ini hanya 5 saja yang ada isinya. Isinya adalah Musang Luwak (Paradoxurus hermaphroditus).

Ada 2 jenis Musang yang dimiliki Sangkut yaitu Musang Bulan dengan ciri khas ujung ekornya berwarna putih (lebih agresif dan susah jinak) dengan bulu berwarna kecoklatan serta Musang Pandan yang bulunya berwarna kehitaman. Menurut Sangkut aroma wangi khas yang dikeluarkan Musang Pandan ternyata menghasilkan kopi yang lebih nikmat dari Musang Bulan. Kopi Musang Pandan memiliki penggemar yang lumayan banyak.

“Karena kopinya sudah mulai habis maka sebagian besar musang dilepaskan. Nanti kalau musim panen lagi (setiap bulan 2 – bulan 6 ) cari musang lagi dengan memasang perangkap,” perinci Sungkat. Selanjutnya musang yang dimasukan kedalam kandang lalu diberi makan biji kopi yang habis dipetik . Tentunya hanya kopi yang kondisinya paling bagus yang akan di makan, “ imbuhnya.

Biasanya sesudah dipetik biji kopi disortir dulu. Pertama-tama dicari yang warnanya merah rata dan bentuknya bulat. Kemudian direndam di ember berisi air. Biji yang terapung disortir. Yang tenggelam dikumpulkan untuk diberikan pada Musang Luwak. Musang Luwak ini nanti hanya memilih biji kopi yang  terbaik untuk makanannya.

Biji kopi yang dimakan ini selanjutnya terfermentasi dan keluar jadi kotoran berwujud biji kopi. Kotoran ini dikumpulkan dan dipisahkan agar tak lagi berbentuk gumpalan. Setelah itu baru dijemur hingga kering. Barulah biji kopi yang sudah bersih dan kering dibawa ke pabrik pengolahan kopi. Inilah alasannya mengapa Kopi Luwak mahal sekali.  Selain karena proses pembuatannya lumayan ribet, hanya kopi terbaik saja yang dimakan Luwak.

Sebelum kami bergerak menuju lokasi pengolahan biji kopi di daerah Banding Agung, kami disuguhi kopi luwak yang masih panas. Hmmmm.. Nikmat! Kalau penikmat kopi pasti bilang dahsyat.  Karena mesti menjalankan ibadah Sholat Jumat maka diputuskan untuk rehat sejenak dan menunaikan ibadah.

Kami ditemui Pak Khodis di lokasi pengolahan kopi miliknya. Cukup panjang juga penjelasan pria kelahiran Salatiga ini mengenai perkopian. Karena harus bergerak lagi menuju kota Lahat maka seluruh tim pun bergegas.
Total jarak Danau Ranau hingga Lahat 309,4 km. Kami akhirnya merapat di kota Lahat malam hari sekitar pukul 20.00 WIB. Rombongan disambut langsung orang nomor satu di Lahat. 

Atasi Jalur Sempit dan Berkelok Kelok

 
Sahabat Petualang, usai santap siang di pinggir Sungai, tim 7Wonders langsung mengarahkan tujuan menuju Kabupaten Empat Lawang (Tebing Tinggi). Daerah hasil pemekaran Kabupaten Lahat ini memiliki ikon Biji Kopi. “Kopi adalah salah satu komoditas andalan kabupaten Empat Lawang,” bilang H. Budi Antoni Aljufri – Bupati Empat Lawang ketika mengobrol dengan tim 7Wonders beberapa waktu lalu, sebelum ia berangkat menunaikan ibadah haji 13 oktober 2012.

Jalanan ketika keluar dari kota Pagaralam menuju Tebing Tinggi via desa Jarai – Pendopo sebenarnya cukup baik. Hanya saja tidak begitu lebar dan rutenya berkelok-kelok. Butuh kehati-hatian agar tak terjadi kecelakaan. Kondisi jalanan sendiri relatif sepi dengan pemandangan hutan di kanan dan kirinya. Karena kecepatan yang bisa diraih tak bisa terlalu kencang, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jarak tempuh kurang lebih 121,6 km sekitar 3 jam.

Sesuai pesan Budi Antoni sebelum berangkat ke Mekkah melalui BBM (black berry messenger), maka tim 7Wonders langsung menuju rumah dinas bupati Empat Lawang. “Mohon maaf tidak bisa menemani. Silahkan bermalam di Rumah Dinas - Puri Emass. Nanti ada staff yang menemani dan silahkan berkoordinasi,” begitu pesannya. Wah… mantap Pak Bupati dan terima kasih banyak sebelumnya. Dan semoga bisa menjalankan ibadah haji dengan khusyuk.

Sampai di Puri Emass sekitar pukul 15.30 WIB, dua orang staff bupati Empat Lawang Rudianto – Kepala Dinas Perkebunan dan Joko sudah menunggu. Sebenarnya David Aljufri - ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang yang juga adik kandung Budi Antoni akan menemani namun usai mengantar sang kakak berangkat haji ke Palembang ada acara mendadak yang tak bisa ditinggal.

Tak jauh dari rumah dinas bupati, kami diajak bertemu Pak Anang Zairi – seorang pemilik pengolahan kopi. “Kopi di Empat Lawang ini berbeda lo. Ini merupakan hasil percampuran Arabica dan Robusta. Wujud aslinya Robusta tapi aromanya Arabica,” jelas Anang. Di rumah Anang, sistem pengolahan kopi sudah tertata dengan rapi. Dan tak hanya kopi saja tapi beberapa panganan ringan dari pisang, singkong juga diproduksi. Malah tak hanya itu madu hutan pun juga diproduksi di sini.

Anang ternyata juga tak hanya pandai memilih biji kopi yang berkualitas. Tapi ia juga jago membedakan bagaimana memilih madu yang bagus. Madu yang bagus menurutnya adalah yang kadar airnya minim sekali. Selain dirasakan lewat indera pengecap lidah ia punya metode sederhana untuk membuktikan madu yang baik. “Masukkan sedikit madu ke dalam plastik dan masukkan ke dalam kulkas. Kalau membeku berarti kurang baik. Kalau bagus sampai 6 bulan pun madu tak akan membeku,” tegasnya.

Pengecekan Kendaraan

Selain aksi sosial, di Medan mereka juga melakukan pengecekan dan perbaikan pada 3 Terios yang menemani perjalanan 7Wonders. Setelah melewati berbagai rute lumayan berat dan adanya sedikit kendala yang dialami salah satu Terios, mengembalikan kondisi mobil jadi prima lagi cukup penting. Mengingat rute kami berikutnya di provinsi Aceh juga penuh tantangan.

Pengecekan dilakukan di main dealer Daihatsu Medan. Kondisi kekencangan baut-baut dan juga pengereman mereka cek kembali. Menurut para mekanik yang menangani semua dalam kondisi baik. Bagian moncong depan kiri salah satu Terios yang penyok akibat menyenggol semak belukar juga diperbaiki.
 
 Aksi Peduli Sesama

aksi peduli sesamaSahabat Petualang - Perjalanan panjang 7Wonders sudah mencapai separuh lebih dari rute yang direncanakan ketika kami sudah berada di Medan. Selain untuk memulihkan stamina selama 2 malam di Medan kami juga melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini disinergikan dengan program CSR PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Untuk di Medan acara simbolis penyerahan bantuan kepada 2 Posyandu dan 5 UMKM dilakukan di dealer Daihatsu, Jalan Sisingamangaraja No. 170, Medan. Kedua Posyandu Binaan yaitu Posyandu Kenanga 1 dan Mawar XII. Sedangkan UMKM yang mendapat bantuan adalah Wolken (pembuat bantal+guling), Keripik Pisang Bu Nur, Keripik Cap Merak, Berkat Rahmat dan juga Sirup Markisa Brastagi Bee. Total bantuan program ini nilainya mencapai lebih dari Rp 200 juta.

Usai kegiatan ke dealer Daihatsu, tim 7 Wonders juga langsung ke lokasi Posyandu Kenanga 1 yang berada di Kantor Kelurahan Pasar Merah Barat, Kecamatan Medan Kota. Tim 7Wonders juga ditemani Edy Susanto – Kepala Cabang PT Astra Internasional Daihatsu Medan (AIDM), Akmal Sukmajaya - Corporate IT Div. Head ADM dan juga Asjoni - CSR Dept. Head ADM bersama tim CSR ADM.

Hangatnya Kopi Gayo

Sahabat Petualang - Kota Takengon adalah persinggahan terakhir tim 7Wonders dalam mengeksplorasi 7 tempat penghasil kopi di Pulau Sumatera. Sepanjang perjalanan ini sudah ada 6 tempat yang kami kunjungi yaitu Liwa (Lampung), Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Curup –Kepahiang, Mandailing Natal dan sekarang giliran Takengon.

Kami berangkat dari Langsa ketika jam menunjukkan pukul 7 pagi. Banyak agenda yang kami rencanakan makanya perjalanan harus dirancang seefektif mungkin. Supaya tak banyak waktu yang terbuang. Mengingat jarak antara Langsa - Takengon sendiri juga cukup jauh sekitar 334,6 km.

Perjalanan cukup lancar selain lalu lintas tak terlalu padat kondisi jalan raya juga cukup bagus. Sekitar pukul 11 siang kami sudah sampai di Bireuen. Kota yang dulu kerap jadi ajang pertempuran antara GAM dengan aparat keamanan Indonesia. Suasana kota Bireuen dulu jelas jauh berbeda dengan sekarang. Suasananya aman dan damai. Kami pun memutuskan untuk makan siang di sini, mengingat rute dari Bireuen ke Takengon akan sedikit merepotkan jika harus mencari warung makan.

Rute Bireuen – Takengon lebih banyak melewati perbukitan yang jauh dari pemukiman. Di daerah Cot Panglima pemandangannya cukup indah. Meskipun proyek pengerjaan jalan masih belum selesai. Jalan ini mengikis sebagian bukit dan dibuat lebih lebar. Ini penting karena di beberapa bagian terjadi kelongsoran.

Menjelang masuk Takengon, komunitas jip dari Gayo sudah menunggu. Mereka siap mengawal 3 Terios mencicipi trek bukit Oregon. Trek light off-road dengan pemandangan yang indah. Kemampuan Terios lagi-lagi diuji di sini. Kenyamanan dan juga ketangguhan kaki-kaki Terios terbukti andal. Melewati trek tanah berbatu dengan beragam kontur tak ada kendala berarti.

Sampai di ujung terakhir trek Oregon kami menyempatkan berhenti sejenak. Selain menikmati indahnya pemandangan kota Takengon dan Danau Laut Tawar, bersama dengn penyuka 4x4 menyeruput secangkir kopi panas sungguh pengalaman yang tak bisa dilupakan. Lewat secangkir kopi inilah meskipun baru saja bertemu pertemanan dengan komunitas jip di Gayo terasa lebih hangat.

KOPI LEGENDARIS TAKENGON

Sahabat Petualang : Usai beristirahat di penginapan di pinggir Danau Laut Tawar, badan terasa bugar kembali. Kami pun siap kembali mengulik dunia perkopian di kota Takengon. Menurut Bambang salah seorang pengusaha kopi di Takengon, masyarakat di kota ini tak bisa lepas dari kebun kopi. Rasanya hampir semua penduduk di kota ini memiliki kebun kopi. Minimal satu keluarga punya setengah hektar luasnya.

Di setiap pekarangan rumah penduduk, hampir tak ada yang dibiarkan terbuka tanpa ditanami kopi. Letak geogragis yang menjadi salah satu rangkaian bukit barisan tentu punya kelebihan tersendiri. Tanahnya subur dan curah hujannya juga lumayan tinggi. Karena letaknya kurang lebih 1.300 m dpl maka sangat cocok untuk menanam kopi jenis Arabica.
Makanya selain di Mandailing Natal, masyarakat Gayo – demikian penduduk Takengon biasa disebut jadi salah satu bagian sejarah penting dalam perkembangan kopi Arabica di Sumatera bahkan hingga mendunia.

Sesuai janji Bambang Wijaya Kusuma semalam ketika bersama-sama menikmati masakan Ikan Asem Njing (asem pedes), maka pagi ini kami diajak melihat langsung salah satu kebun kopi peninggalan Belanda di desa Blang Gele. Kebun kopi tua tersebut hanya seluas 15 hektar. Padahal dari sisi kualitas, biji kopi di desa Blang Gele termasuk nomer satu. Bijinya pun besar-besar dan memiliki aroma yang khas.

Letak kebun ini sendiri tak jauh dari PT Ketiara (perusahaan kopi milik ayah dan ibu Bambang). Untuk melestarikan kopi jenis ini, pengembangbiakan pun dilakukan. Hanya saja menurut Bambang ketika ditanam di daerah lain ternyata hasilnya berbeda dengan yang di Takengon. Kalau di lokasi asalnya kopi Arabica ini biarpun baru berumur setahun tapi buah yang dihasilkan sangat lebat. Sedangkan jika di tempat lain belum tentu sama.

Sebelum meninggalkan kota Takengon menuju Banda Aceh, tim 7Wonders juga menyempatkan diri menikmati makan siang menu khas Gayo dan juga belanja souvenir khas Gayo. Rute perjalanan sama ketika kami datang dari Bireun. Hanya saja ketika sampai di Bireun kami langsung berbelok ke kiri dan mengambil arah ke Banda Aceh.

Jalanan ke Banda Aceh lumayan lebar dan mulus sehingga perjalanan bersama Terios pun menyenangkan. Kami akhirnya masuk di hotel pukul 23.30 WIB. Karena besok paginya harus menyeberang ke Sabang maka semua barang harus dipaking saat ini juga.


jalanan berkabut keluar dari takengon pengeringan biji kopi gayo (takengon)
jalanan berkabut keluar dari takengon pengeringan biji kopi gayo (takengon)


Finish !!

Sahabat Petualang – Rangkaian perjalanan panjang tim Terios 7-Wonders sepanjang 3.657 km selama 15 hari berakhir di tugu “Nol” Kilometer tepat pukul 12.48 WIB (24/10). Dari sinilah pengukuran luas wilayah Indonesia dimulai. Saat ini teks lagi Dari Sabang Sampai Merauke sudah bisa kami nyanyikan. Meskipun baru dari Sabang, teks lagu Sampai Merauke-nya nanti tunggu jika Terios 7-Wonders ini selesai menjelajah Papua (Semoga bisa segera terwujud. Hehehehehe..)


Setelah beristirahat semalam di Banda Aceh, pagi-pagi kami harus segera bergegas menuju pelabuhan ferry Ulee Lheue. Para sahabat yang juga offroader dari Banda Aceh mengingatkan jika jadwal kapal ke Sabang agak ajaib. Bisa dipercepat jika penumpangnya padat. Kebetulan perjalanan ini mendekati hari raya Idul Adha atau Lebaran Haji. Banyak penduduk Aceh yang pulang kampung. Dari Sabang ke Banda Aceh atau sebaliknya Banda Aceh ke Sabang.

Makanya atas saran dari para sahabat, meskipun jadwal kapal ke Sabang baru pukul 11.00 WIB siang kami harus antri di lokasi pelabuhan minimal dari jam 7 pagi. Oh ya kapasitas angkut kapal ferry memang tidaklah besar, maksimal 30 kendaraan. Sampai di lokasi tiba-tiba ada kabar jika kapal lambat (ferry) akan berangkat pukul 09.00 WIB. Kami pun segera bergegas. Kalau lebih cepat menyeberang tentu lebih menyenangkan. Karena kami jadi punya waktu lebih banyak berada di pulau Sabang.

Sampai di pelabuhan ferry Balohan – Sabang sekitar pukul 11 siang. Kami segera menuju kota Sabang, sahabat kami Ari Poenbit dari komunitas off-road pulau Sabang dan juga dokter Togu akan mengawal kami menuju tugu “Nol” kilometer. Tanpa menunggu waktu lama 3 Terios langsung bawa menuju tujuan akhir perjalanan panjang ini.
Akhirnya tiga unit Daihatsu Terios (2 matik dan 1 manual) berhasil kami bawa mencapai titik “Nol” kilometer di ujung  pulau Weh, Provinsi Aceh Nanggroe Darussalam pada pukul 12.48 WIB.  Perjalanan yang penuh pengalaman menarik selama 15 hari yang dimulai dari VLC Sunter Jakarta dengan total jarak 3.657 km berakhir sudah. Yihaaa….!  Terima kasih banyak Tuhan atas berkah perlindunganMu!

Di Sabang, rombongan Terios 7-Wonders sudah ditunggu oleh para petinggi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) antara lain, Amelia Tjandra, Rio Sanggau, Elvina Afny, Guntur Mulja dan beberapa wartawan nasional dari Jakarta yang diajak khusus menyaksikan peristiwa bersejarah ini. Anggota tim 7-Wonders yang terdiri dari Tunggul Birawa (leader), Insuhendang, Bimo S Soeryadi, Ismail Ashland, Aseri, Toni, Arizona Sudiro, Endi Supriatna, Enuh Witarsa, David Setyawan (ADM), Rokky Irvayandi (ADM) mendapat ucapan selamat dari yang hadir di tugu “Nol” Kilometer.

“Selamat! Terima kasih tim Terios 7-Wonders sudah berhasil mennyelesaikan seluruh etape perjalanan panjang ini tanpa ada kendala berarti. Terbukti Terios adalah SUV yang tangguh!” komentar Amelia Tjandra Direktur Marketing PT ADM.

Seremoni singkat menandai berakhirnya ekspedisi ini dilakukan di Tugu “Nol” Kilometer. Plakat Terios 7-Wonders yang dibawa tim diserahkan oleh Tunggul Birawa selaku komandan tim kepada Amelia Tjandra. Selanjutnya plakat ini diserahkan kepada dr. Togu yang mewakili pemda Sabang. Plakat ini akan ditanam di lokasi yang memang sudah disediakan di sekitar lokasi tugu Nol Kilometer.

Kurban 3 sapi
Jadwal kepulangan tim Terios 7-Wonders kebetulan memang sangat berdekatan dengan hari raya Idul Adha. Sebelum pulang dengan mengenakan pesawat udara pada sore harinya, PT ADM dan juga tim Terios 7-Wonders menyerahkan 3 ekor sapi untuk dijadikan hewan kurban. “Ini salah satu bentuk ucapan rasa syukur kami karena program Terios 7-Wonders Sumatera Coffee Paradise sudah berhasil dilaksanakan tanpa ada hambatan berarti. 3 ekor sapi ini melambangkan 3 Terios yang kami bawa dari Jakarta hingga Aceh,” komentar Rio Sanggau salah satu petinggi ADM ketika menyerahkan 3 ekor sapi pada panitia kurban di Masjid Raya – Banda Aceh.

Oh, ya pada saat penyerahan hewan kurban, kapal dari Sabang yang membawa 3 Terios sudah merapat. Tiga orang anggota tim pun menyusul ke pelabuhan Ulee Lheue untuk membawa kembali kendaraan yang menemani kami selama ini. Sampai jumpa di petualangan seru selanjutnya….

Dengan rentang perjalanan sejauh tidak kurang dari 3.300km selama 14hari  The New TERIOS membuktikan ketangguhannya dengan petualang di Pulau Sumatera. Jadi kesimpulannya TERIOS memang merupakan mobil petualang yang dahsyat. 

Semoga Bermanfaat !!

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 komentar:

Agus Mulyadi mengatakan...

Reviewnya lengkap mas, mantap

Posting Komentar

 

© Copyright Suka-Suka 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.